Jumat, 23 Oktober 2015

Scholarship Application Experience: Korea Government Scholarship Program

Seperti judulnya, saya mau kasi info mengenai proses aplikasi beasiswa ke korea dengan jalur KGSP (Korea Government Scholarship Program). Kenapa Korea? Karena mumpung lagi jaman-jamannya hallyu alias Korean wave, jadi cocoklah kita mencoba mengasah ilmu ke sana. Sekalian modus fangirling dan wisataa :D

Pertama kali liat info beasiswa korea adalah pas pertengahan Januari 2015 ini ga sengaja saya buka fesbuk nya kampus ku, Universitas Padjadjaran, ehh ada info beasiswa dari Dongseo University di Busan, Korea. Wuaaaa dengan semangat 45 saya langsung kontak CP nya (his name is Mr. Dan Jung) untuk nanya apa aja syarat2nya, kemudian dengan cepet (cuman selang berapa jam) doi bales, katanya persyaratan nya akan ready akhir Januari. I'll waiitt ahjussii!! Sambil menunggu info persyaratan, saya baca2 aja mengenai program beasiswa ini, namanya Korean Government Scolarship Program (KGSP). Usut punya usut, si Dongseo University ini ternyata ga buka penerimaan untuk fakultas hukum, adanya cuman fakultas2 ini:



Yasudah karena yang paling masuk akal adalah program Master of Business Adm. aka. MBA, maka saya memilih itu aja. Terus liat2 juga benefit dan syarat umum program ini:



Ketika baca benefitnyaa, wuaaww..asik bangett! Mana kan kampusnya di Busan, pasti buat belajar oke dan pastinya wisata pantainya mantep. Kalo Seoul kan terlalu ngota, ga kepikiran juga mau tinggal lama di seoul. Maka dari itu langsung browsing2 kehidupan orang Indonesia muslim di Busan, dan sampe ngebayangin kalo tinggal di sana gimana makannya (prefer jadi vegan, haha), gimana sholatnya, terus jalan2 kemana aja, jarak mesjid ke lokasi tinggal seberapa jauh, dll.

Finally, akhir Januari keluarlah itu info lengkap resmi dari organisasi beasiswa Korea atao singkatannya NIIED (National Institute for International Education ). Pas saya liat syaratnya, ternyata jatah buat Indonesia cuman 3 orang ajaah..huhuu.. Peluang lolos kecil nihh.. Tapi ya gapapa, tetap semangat. Kemudian liat syarat lain ternyata harus ada rekomendasi dari dosen kampus yg dulu. Aha! Langsung lah saya terfikirkan ibu Laina, my idol lecture yg multitalented baik hati cantik dan tidak sombong. Cuss deh saya kontak beliau. Alhamdulillah doi mau bikin rekomendasi buat saya meskipun saya apply MBA, bukan LLM :)

Setelah minta dibikinin rekomendasi, kemudian saya browsing2 lagii dan ternyataaaa... Program ini ga hanya diikuti sama si Dongseo aja, tap kita juga bisa apply ke universitas lain yg ada di Korea! Wuaaw! Langsunglah saya cari list universitas yang buka fakultas hukum khususnya HKI. Dapet lah 3 univ: Inha, Dongguk, Korea National Univ. Pilihan pertama jatuh pada Inha, karena lokasinya di luar seoul haha.. Tapi tapi tapii.. Persyaratan ke Inha rempong ameet..mesti ada rekomendasi dari profesor di Inha! Ah males ngurusnya.




Yaudah pilihan tinggal 2 nih, pilih Korea National lah, eh tapi deadline ngumpulin berkas nya 6 Maret, daripada keburu-buru yaaa, terpaksa milih Dongguk University. Sebenernya saya agak kurang sreg dengan universitas ini, karena lokasinya di Namsan, which is ngota banget! Ahhh..mana setelah gugling, ini univ.favorit para artis kpop dan k-drama. Huft. Tapi ya, namanya juga usaha, sebelum myoba kan ga akan tau hasilnya gimana.

Jadi lah saya apply ke Dongguk. Tapi berkasnya kurang mantep, saya ga nambahin sertifikat toefl. Ga wajib sih tapi mac sunnah muakkad gitu, huhuu. Alasan tidak menambahkan sertifikat toefl adalah ketakutanku akan lamanya proses sertifikat toefl dan waktu kirim dokumen via pos. Pada awal februari saya udah tes toefl, tapi hasilnya ternyata lama, nah daripada saya gambling takut ekspedisi nya ada apa2 dijalan, saya ga nunggu sampe hasil toefl keluar, maka pada pertengahan februari saya langsung kirmi itu dokumen via EMS Pos Indonesia. Ternyata kata petugasnya hanya butuh waktu 1 minggu, bahkan ada yg paling cepet 3 hari. Oh men! Tau gitu nanti2 ajaa. Tapi berhubung udah bawa berkas ke kantor pos dan pas banget hari itu ujan gede, ga mungkin berkasnya saya bawa ke kantor, naek kotor pula, bisa2 dokumen2 saya rusak karena basah. Ya baiklah kukirimkan semua dokumen itu dengan asumsi "ah ga mungkin 1 minggu, paling juga 2 minggu" huhuu.. Kemudian saya menyesal, karena abis kirim dokumen, ehhasil toefl keluar dongs! Ah yasudaah ya. Kemudian sekitar 2 minggu kirim pos, sekitar akhir Maret, saya dapet email bahwa berkas-berkas saya sudah diterima dan sedang dalam proses seleksi. 



Seminggu kemudian saya ditelepon dan diwwancara sama pihak Univ. Dongguk mengenai motivasi belajar dan lainnya (pake Bahasa Inggris). Karena diwawancara itu, saya jadi agak pede, semoga bisa lolos. Makanya, ketika ada Garuda Travel Fair (GATF) di awal April, ketika teman-teman sibuk  urus tiket untuk jalan ke Korea, saya yang berharap lolos beasiswa terpaksa melepaskan kesempatan dapet tiket Garuda murah karena kalo lolos kan pastnya tinggal di Korea dan tiket kesana ditanggung beasiswa. Pengumuman beasiswanya seminggu setelah GATF.

Tiba lah waktu pengumuman, dan jreeng, saya ga lolos. Bye! 



Sedih sih, iya, tapi tidak patah semangat untuk mencoba lagi taun depan. Mulai dari sekarang sudah persiapan mental dan persiapkan dokumen selengkap mungkin. Semoga lain kali bisa lolos sekolah di Korea ya, aamin :) 

2 komentar: