Selasa, 20 Oktober 2015

Mencari Lokasi Syuting Drama Korea Scene Ter-Romantis di Kota Seoul Korea Selatan

Sampai di Korea, dari bandara Incheon saya langsung menuju ke hostel yang berada di daerah Hongdae. Saya menggunakan kereta AREX. Karena saya sudah memiliki T-money, saya tidak perlu membeli tiket, tinggal tap T-money di gerbang masuk kemudian tap lagi di gerbang keluar. Biayanya kalau tidak salah sekitar 4500won. Tidak terlalu memperhatikan biayanya, karena biaya tersebut tercantum di layat gerbang ketika tap masuk. Saya naik kereta dari bandara ke stasiun Hongik University. Perjalanan sekitar 45 menit dan langsung sampai (tidak perlu transit lagi). Saya dan teman-teman menginap di Ewha Hostel ( http://ewhahostel.com atau http://www.tripadvisor.co.id/LocationPhotoDirectLink-g294197-d7161308-i115928385-Ewha_Hostel-Seoul.html ). . Lokasi hostel sangat dekat dari exit 2 stasiun Hongik University, hanya berjarak sekitar 20 atau 30 meter saja. Kamar berada di suatu bangunan apartemen, di lantai 17. Kami menginap selama 5 malam, total 484500won, Fasilitasnya ada empat kasur ranjang , sendal untuk di kamar, set alat mandi (handuk kecil, sabun, sampo, conditioner dan hairdryer), kitchen set (teko listrik, kompor listrik, microwave, tempat cuci piring, panci), alat makan (piring, mangkok, gelas, mug, sumpit besi, sendok, garpu, pisau). Disediakan pula payung dan jas hujan sekali pakai. Kamarnya merupakan apartemen tipe studio, ber AC dan ada pemanas ruangannya juga. Saya lupa foto-foto di kamar, sehingga jika ingin lihat bisa klik link tripadvisor di atas ya. Oh iya, kalau di hotel biasanya kita diberikan welcome drink, nah di kamar apartemen yang kami sewa ini, pemiliknya (namanya Eva dan Adam Lee) memberikan kami welcome sheet mask 4 buah (1 masker untuk tiap orang). Memang Korea terkenal dengan masker kertasnya yang adem dan bikin seger muka kita, tapi ga nyangka juga akan dikasih sheet mask sama hostel, lumayan rejeki anak sholeha :)

Saya sampai di hostel sekitar jam 7 malam, saat itu teman-teman saya (yang sudah sampai di Seoul sejak pagi karena beda flight) sedang tidak berada di kamar, mereka masih jalan di luar. Sehingga saya harus membuka pintu yang menggunakan password (sebelumnya saya sudah diberikan password nya). Karena di Indonesia tidak biasa pakai pintu dengan password, saya minta tolong orang lain yang kebetulan ada di depan kamar, ternyata orang tersebut adalah Eva dan Adam (pemilik kamar) yang sedang menyambut tamu lain yang datang bersamaan dengan saya. Selagi Adam menjamu tamu lainnya, Eva membantu saya mengajari cara membuka pintu dengan password dari luar dan dalam kamar. Alhamdulillah bisa masuk kamar, dan Eva sangat baik menyambut saya. Sehabis masuk kamar, saya langsung istirahat, sholat dan makan. Sekitar jam 8, teman-teman saya masih belum pulang juga, maka kemudian saya memutuskan seorang diri pergi ke Lotte World. Lotte World adalah lokasi syuting beberapa drama korean dengan scene paling romantis, salah satunya drama Full house :)

Untuk menuju ke Lotte World, saya hanya perlu naik kereta dari Hongik University Station ke Jamsil Station exit 4 (tidak perlu transit). Seperti sebelumnya, saya hanya tap T-money dengan biaya kalau tidak salah kira-kira 450won . Perjalanan sekitar 30 menit. Sampai di exit 4 Jamsil Station, saya mengikuti papan penujuk arah menuju Lotte World. Awalnya takut nyasar karena masuk ke mall. Saya kira Lotte World itu kaya Dufan, berada di luar, ternyata nyambung sama mall, seperti TSM Bandung. Akhirnya saya sampai di depan Lotte World, ini gambar depan Lotte World Adventure:

Harga tiketnya hanya 17000won, tapiii hanya tiket masuk saja dan itu khusus mulai jam 7-10 malam. Saat itu saya masuk sekitar jam 9 malam. Untuk lihat lengkap tiket masuknya bisa klik di http://global.lotteworld.com/contents/contents.asp?cmsCd=CM0203 . Lotte World memiliki dua area, indoor dan outdoor yang banyak digunakan untuk tempat syuting drama atau film. Untuk indoor, terdapat mainan seperti carrousel (tempat syuting drama "Stairway to Heaven"), rumah hantu, panggung musik, balon udara, ice skating rink (tempat syuting "Full House"), dan lainnya bisa dilihat di http://global.lotteworld.com/app/attrctn/list.asp?cmsCd=CM0196 . Untuk outdoor (Magical World), saya tidak terlalu bisa meng-eksplor, karena pada saat saya kesana sudah kemalaman dan area outdoor sudah tutup jadi hanya foto-foto di depannya saja. Berikut foto-foto selama di Lotte World Adventure:

1. Carrosel Camelot

2. Salah satu ornamen

3. Depan tulisan Lotte World di atas ice skating rink

4. Ice skating rink

5. Balon udara

6. Lotte Magical World

7. Foto depan Magical World

7. Salah satu ornamen

8. Foto panorama sekeliling Lotte World dengan suasana Ice skating rink sedang dibersihkan

9. Panggung Musik

Saya berkeliling Lotte World sampai jam 10 malam hingga wahana mau ditutup, saya tidak langsung pulang ke hostel untuk beristirahat karena penasaran ingin mengunjungi YG Entertainment yang berada di daerah Hapjeong (dekat dengan daerah Hongdae di mana hostel saya berada). Dari Jamsil  station naik kereta line 2 ke Hapjeong exit 8, ongkosnya kalau tidak salah sekitar 450won. Sebelum naik kereta, saya beli minum dulu  di minimarket.

Banana Uyu enak

Dari exit 2 Hapjeong Station tinggal luruus saja sampai ketemu Proud Apartement belok kanan lurus hingga ketemu minimarket di sebrang, nah YG building itu yang sebelah sebrang kiri dari minimarket. Saya kesitu sendiri dan hanya bermodal informasi dari blog lain yang mungkin berguna untuk para YG Stan yang mau ke Seoul, link nya adalah http://leitbloomer.com/2015/08/18/directions-to-yg-entertainment-yg-%EC%97%94%ED%84%B0%ED%85%8C%EC%9D%B8%EB%A8%BC%ED%8A%B8/ . Sebenarnya teman saya, Mawar sudah pernah juga ke YGE Building ini, namun dulu dia kesitu naik taksi sehingga tidak tau arah kalau dari stasiun. Saya sampai di YGE Building sekitar jam 11 malam, jalanan nya sepi namun alhamdulillah aman dan tidak ada orang jahil menganggu saat saya lewat. Ketika saya sampai di depan YGE Building, ada seorang perempuan seperti sedang menanti seseorang (mungkin lagi stalking YG idol) dan ada juga dua orang laki-laki (kayaknya penjaga YGE). Saya minta tolong perempuan itu untuk memfoto saya depan YGE Building, diluar pagar karena orang yang tidak berkepentingan dilarang masuk ke kantor YG meski gerbangnya terbuka. Berikut foto saya saat di depan YG Building:

YGE Building

Depan YGE Building

Karena malam hari, dan pas banget iPhone saya mati sehingga harus foto pakai Samsung Star Duos yang kameranya kurang bagus, saya kurang puas berfoto di YGE Building dan merencanakan untuk foto lagi disana keesokan harinya saat siang hari. Sehabis dari YGE saya langsung pulang ke hostel naik kereta dn beristirahat.

---------
Ingin tahu kisah perjalanan persiapan dan keberangkatan? Bisa dicek di sini dan di sana.
Untuk lanjutan kisahnya, bisa diintip di: